
KKP POSO MENGADAKAN PELATIHAN BUDAYA PELAYANAN PRIMA BAGI SELURUH STAFF
Dalam rangka mewujudkan dan
mengoptimalkan pemberian layanan kepada seluruh pengguna jasa, KKP Kelas III
Poso, Jumat (17/3/2023), KKP Poso mengadakan pelatihan bagi seluruh staff
terkait dengan budaya pelayanan prima. Kegiatan ini mengusung tema “Petugas KKP Kelas III Poso Memberikan
Pelayanan Profesional dan Tanggung Jawab”. Kegiatan ini dibuka langsung
oleh Ibu Kepala KKP Kelas III Poso, Ibu Sitti
Chadijah, S.KM., M.Si. Beliau menyampaikan bahwa pelatihan budaya pelayanan prima ini dibuat
sebagai upaya meningkatkan kapasitas dan profesionalisme aparaturnya dalam
melayani masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh staff KKP Poso yang
berada di kantor induk dan perwakilan dari seluruh wilayah kerja.
Pada pelatihan ini, KKP Poso berkesempatan
mengundang pemateri yang ahli dibidang budaya pelayanan prima. Pemateri
merupakan widyaiswara dari UPT Bapelkes Provinsi Sulawesi Tengah, yaitu Ibu Nilvana,
SKM, M.Kes dan Ibu Lilik UTAMI, S.Kep, M.Kes. Dalam penyampaian materinya,
pemateri menegaskan bahwa Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian
kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundangundangan bagi
setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan / atau pelayanan
administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.
Pentingnya pelayanan ini tidak lepas dari efek
yang ditimbulkan dari kesan atau persepsi ketika pelanggan berhubungan
langsung. Salah satu yang dapat
ditangkap oleh pelanggan adalah etika dalam memberikan pelayanan yang
ditunjukkan oleh pemberi layanan. etika adalah tindakan yang mengatur perilaku
atau tingkah laku manusia dalam bermasyarakat.
Pada kegiatan ini juga dilakukan proses praktik
dalam pemberian layanan ke pengguna jasa KKP Poso, sehingga materi yang
disampaikan dapat diterjemahkan secara
makna yang sama dalam praktiknya. Besar harapan Kepala KKP Kelas III
Poso, pada kegiatan ini dapat memberikan dampak yang signifikan dalam
mempertahankan dan meningkatkan pelayanan yang sudah ada.